Menata Hunian Agar Hidup Rapi

Sebenarnya mulai hidup rapi bisa dilakukan dari hal terkecil, yaitu mulai dari menata hunianmu. Menata hunian agar tetap rapi dan bersih merupakan hal yang penting untuk memulai hidup rapi. Pasalnya, hunian yang penuh dengan barang dan berantakan akan membuat terasa tidak nyaman.

Bahkan rumah yang penuh dan sesak dengan barang dapat menyebabkan penghuni rumah mudah merasa stres. Agar hunian terasa nyaman dan selalu bersih, berikut langkah yang harus dilakukan. Yuk simak!

 1. Mulailah Beberes

Hunian akan rapi dan bersih jika kamu mulai beberes. Jangan menunda-nunda untuk membersihkan dan merapikan ruangan agar tetap rapi. Menyortir barang dan menatanya sesuai dengan kebutuhanmu agar barang tersimpan dengan kategorinya masing-masing, fokuslah pada barang-barang yang bisa disingkirkan agar hunian memiliki banyak space kosong.

2. Berdasar Pada Gaya Hidup

Pernah mendengar istilah hunianmu adalah cerminan dari dirimu? Nah, banyak diantara kita yang kurang peka terhadap kebutuhan hidup diri sendiri, mulai sekarang kamu bisa menyimpan barang-barang yang sangat jarang digunakan, lalu tatalah barang-barang yang kamu gunakan sehari-hari di tempat yang mudah dijangkau.

3. Pilihlah Furniture Kabinet

Furniture berupa kabinet atau kotak penyimpanan akan sangat membantu hunianmu tampak selalu rapih. Kamu bisa meletakkan benda-benda berukuran kecil ke dalamnya kotak penyimpnan berdasarkan kategori barang tersebut. Kamu juga akan menjadi lebih mudah dalam menemukan peralatan yang akan kamu gunakan, dengan membedakan warna kotak penyimpanan tersebut.

4. Penataan yang Tepat

Kamu bisa mulai dengan mencari informasi tentang penataan furniture yang tepat. Misalnya  jangan meletakkan furnitur berukuran besar dekat pintu atau jendela. Hal ini akan menyebabkan cahaya yang masuk ke dalam rumah menjadi terbatas. Pilihlah barang-barang yang hemat tempat untuk hunianmu agar terasa lebih nyaman dan luas.

6. Sediakan Tempat Sampah di Beberapa Ruangan

Biasanya tempat sampah hanya disediakn di kamar, dapur, dan toilet. Sebaiknya mulailah menyediakan tempat sampah di beberapa tempat agar kamu dan penghuni lainnya semakin mudah untuk membuang sampah.

Tidak hanya poin-poin di atas, kamu juga harus berkomitmen untuk hidup lebih rapi. Jadi mau kapan mulai menata hunianmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *